7 Produk Ramah Terbuat dari Kaca yang Didaur Ulang

Kent Shelton/ January 21, 2020/ General

7 Produk Ramah Terbuat dari Kaca yang Didaur Ulang

Banyak sekali kita temukan bahwa produk ramah terbuat dari kaca yang ternyata dapat didaur ulang. Jika Anda seorang konsumen yang sadar lingkungan, Anda mungkin telah menemukan beberapa produk yang sangat menarik dan inovatif akhir-akhir ini.

Baca Juga: 10 Tips yang Dapat Mendorongmu untuk Merapikan Rumahmu

Dari perangkat elektronik bertenaga surya hingga jeans yang terbuat dari botol plastik, terbukti bahwa permintaan konsumen terhadap produk ramah lingkungan terus meningkat. Tetapi dengan minat yang meningkat pesat untuk kehidupan yang “hijau”, penting untuk tidak mengabaikan bahan seperti kaca yang didaur ulang.

Kaca yang didaur ulang adalah cara yang bagus untuk menjaga limbah dari tempat pembuangan sampah, membantu melestarikan sumber daya alam, dan mengurangi jumlah energi yang digunakan dalam proses pembuatan kaca.

Baca Juga: Apa Itu Tanggungan Properti Pribadi

Salah satu keuntungan terbesar kaca adalah dapat didaur ulang secara terus-menerus dan tanpa batas, tanpa mengurangi kekuatan atau kualitas (tidak seperti kertas atau plastik, yang mulai terurai).

Baca Juga: Pengaruh terhadap Lingkungan dari Kemasan Non-Ramah Lingkungan

Kaca yang dihasilkan dari sisa daur ulang (atau “cullet”) menciptakan udara 20% lebih sedikit polusi dan polusi air 50% lebih sedikit daripada kaca yang terbuat langsung dari bahan bakunya. Setiap ton kaca yang didaur ulang menghemat satu ton sumber daya alam, termasuk pasir dan batu kapur.

Membuat produk dari cullet membutuhkan suhu tungku yang lebih rendah untuk peleburan, selanjutnya mengurangi konsumsi energi sebesar 20-30%. Selain menguntungkan bagi lingkungan, kaca yang didaur ulang adalah bahan yang tidak dapat bereaksi dan aman bagi makanan serta tidak dapat ditembus air.

Baca Juga: 10 Cara Sederhana untuk Membuat Keluarga Anda Terorganisir

Untungnya, hampir semua wadah kaca diproduksi menggunakan beberapa bahan daur ulang, karena tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga bermanfaat secara ekonomi.

Faktanya, botol kaca “hijau” umumnya mengandung sekitar 70% bahan daur ulang (ingat jika lain kali Anda pergi membeli bir!) Namun, hanya 33% gelas pasca-konsumen saat ini sedang didaur ulang di AS, jadi masih banyak yang perlu dilakukan untuk mencegah kaca menumpuk di tempat pembuangan sampah.

Baca Juga: 12 Perabotan Rumah Tangga yang Tidak Boleh Anda Lupakan

Jadi apa yang bisa kamu lakukan? Pertama, Anda dapat mendaur ulang botol dan botol dengan aman di rumah Anda sendiri. Cukup cuci dan sterilkan dengan air mendidih, lalu gunakan kembali sebagai gelas minum atau wadah.

Baca Juga: Bahan Bangunan Paling Ramah Lingkungan

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu tentang program daur ulang kaca tepi jalan di daerah Anda, atau bawa wadah kaca bekas ke tempat pengumpulan. Kontaminan seperti kotoran atau tutup dapat mengganggu proses daur ulang, jadi pastikan untuk menghapusnya, dan pilah gelas Anda berdasar warna jika diperlukan. (Ovenware, bola lampu dan jendela tidak harus disertakan).

Share this Post